Senin, 19 Februari 2018

PENTINGNYA UNTUK MENGAJARKAN NILAI MORAL PADA ANAK SEJAK USIA DINI

PENTINGNYA UNTUK MENGAJARKAN NILAI MORAL
PADA ANAK SEJAK USIA DINI
Mendidik anak sejak dini sangatlah penting bagi setiap orang tua, pendidikan tidak harus berkaitan dengan pembelajaran yang di berikan oleh guru di sekolah tetapi mendidik seorang anak juga termasuk pendidikan moral yang tidak dapat di ajarkan atau di berikan melalui buku. pendidikan moral merupakan sesuatu yang berhubungan dengan perilaku seseorang, baik itu berkaitan dengan perbuatan pada anak.
Mengajarkan nilai moral pada anak sejak dini sangatlah penting untuk dilakukan karena anakakan menjadi lebih saat di arahkan dalam hal apapun. nilai moral yang kita ajarkan pada sejak dini juga akan tersimpan pada memori anak hingga tumbuh dewasa. akan tetapi mengajarkan pada anak harus dengan penuh rasa sabar dan telaten. karena pada dasarnya anak masih belum bisa dengan mudah untuk menerima dan mencerna apa yang kita ajarkan pada anak. setiap orang tua di haruskan untuk mempunyai cara tepat untuk mengajarkan nilai moral atau memberikan contoh pada anak sehingga anakbisa mudah mengerti apa yang kita ajarkan dan dapat menerimanya dengan baik.
Dalam hal ini ada beberapa yang harus diterapkan pada anak, seperti yang pertama yaitu
1.       Menanamkan rasa saling menghargai
saling menghargai satu sama lain sangatlah penting untuk di tanamkan pada anak agar anak dapat memilki sikap saling menghargai satu sama lain, karena menghargai merupakan sifat terpuji dan supaya anak dapat dengan mudah untuk beradaptasi dilingkungan sosial sekitarnya. setiap orang tua juga harus memberikan penjelasan anak untuk selalu bersikap jujur dimana pun berda karena termasuk perbuatan yang terpuji.
2.      Menanamkan sikap rendah hati dan saling menolong pada sesama.
saling menolong dan rendah hati suatu hal yang sangat baik, seperti saat anak sedang melihat orang lain sedang membutuhkan bantuan maka wajib di bantu. sehingga suatu saat nanti anak akan terbiasa mempunyai sifat yang baik hati.

3.      Menanamkan sikap bertangung jawab dalam hal apa pun yang telah dilakukan.
penting sekali dalam mengajarkan untuk selalu minta maaf atau saling memaafkan setiap melakukan hal apapun dengan orang lain. dan menjelaskan pada anak bahwa hal ini termasuk hal yang terpuji karena saat meminta maaf merupakan bentuk suatu tanggung jawab pada orang lain.
4.      Menanamkan rasa saling menyayangi satu sama lain.
penting sekali dalam hal apapun anak mempunyai rasa sikap salang menyayangi, karena dapat menciptakan rasa persaudaraan. jelaskan pada anak bahwa menyakiti orang lain merupakan sikap atau perbuatan yang salah.
itulah beberapa hal yang perlu di terapkan pada anak dalam menerapkan nilai moral pada anak dan dalam hal ini sangatlah penting peran orang tua dalam mengarahkan anak dalam hal baik sehingga kelak akan berdampak hingga mereka dewasa dan peran guru hanya membantu dalam menerapkan saat berada di sekolah. sekian artikel saya semoga bermanfaat bagi membaca dan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar