Semua
orang pasti pernah merasakan motivasi dalam hidupnya, dan hal itu bisa datang kapan
pun yang tidak terduga-duga semisal kita sedang berfikir sesuatu masalah atau
kendala untuk memecahkannya di saat itulah terkadang motivasi datang secara
tiba-tiba yang dapat membuat mendapatkan sebuah ide yang datang karena
termotivasi dengan sesuatu apa pun yang kita lihat atau yang lewat dalam benak
fikiran kita. dan tentunya sebagian orang belum faham betul apa itu motivasi
disini saya akan mencoba menjelaskan sesungguhnya tentang pengertian motivasi.
Menurut
buku yang saya baca yaitu teori belajar dan pembelajaran, motivasi berasal dari
bahasa latin movere yang berarti mengerakkan. berdasarkan pengertian, makna
motivasi menjadi berkembang. jika seseorang melihat sesuatu manfaat dan
keuntungan yang akan di peroleh, maka ia akan berusaha keras untuk mencapai
tujuan tersebut. jenis mitivasi itu ada dua yang pertama motivasi intrinsic dan
motivasi ekstrinsik. motivasi instrinsik adalah motivasi yang berasaldari dalam
individu tanpa adanya ransangan dari luar, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah
yang bersal dari luar misalnya pemberian pujian, pemberian nilai sampai pada
pemberian hadiah dan faktor-faktor eksternal lainnya yang memilki daya dorong
motivasional.
Terdapat
beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi yaitu cita-cita, kemampuan
pembelajaran, kondisi pembelajar, kondisi lingkungan pembelajar, unsure-unsur
dinamis belajar/ pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan pembelajar.
cita-cita
merupakan yang mempengaruhi motivasi belajar. hal ini dapat di amati dari
banyaknya kenyataan, bahwa motivasi seorang pembelajar menjadi begitu tinggi
ketika ia sebelumnya sudah memilki cita-cita. kemampuan belajar juga menjadi
faktor penting dalam mempengaruhi motivasi. seperti dapat memahami bersama
bahwa setiap manusia mempunyai kemampuan bidang lainya.
Kondisi
pembelajar juga menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi. hal ini dapat
terlihat dari kondisi fisik maupun kondisi psikis pembelajar. pada kondisi
fisik, hubunganya dengan motivasi dapat terlihat dari keadaan fisik seseorang.
jika kodisi fisik sedang kelelahan, maka akan cenderung memilki motivasi yang
rendah untuk belajar atau melakukan berbagai aktivitas, begitu pun sebaliknya.
kondisi lingkungan pembelajar sebagai faktor yang mempengaruhi motivasi, dapat
diamati darilingkungan fisik dan lingkungan sosial yang mengitari si
pembelajar. misalnya lingkungan fisik yang tidaknyaman untuk belajar akan
berdampak pada motivasi belajar. yang terakhir yaitu faktor dinamisasi belajar
juga mempengaruhi motivasi. hal ini dapat diamati pada sejauh mana upaya
memotivasi tersebut dilakukan, bagaimana juga dengan bahan pelajaran, alat
bantu belajar, suasana belajar dn sebaganya.
Dan
yang terakhir terdapat upaya-upaya motivasi dalam belajar dalam kenyataanya motivasi dalambelajar kadang kala naik begitu
pesat tetapi juga kadang turun secara dratis. karena itu perlu semacam upaya
untuk memotivasi pembelajar. terdapat empat cara yang dapat memotivasi belajar
yaitu yang pertama mengoptimalkan penerapan prinsip-prisip belajar, unsur-unsur dinamis pembelajaran,
mengoptimalkan pemanfaatan upaya guru dalam membelajarkan pembelajar juga
menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi. dan mengembangkan inpirasi dalam
belajar.
Terkait
dalam hal tersebut sejumlah prinsip-prinsip belajar yangyang harus di
optimalkan sebagai upaya untuk memotivasi dalam belajar. prinsip tersebut
adalah perhatian, keaktivan, keterampilan, pengulangan, ransangan. jadi itulah
sedikit dari penjelasan tentang motivasi yang dimana motivasi dapat terlihat
atau di buktikan dengan berbagai cara yang bisa di lakukan oleh siapapun.
sekian artikel saya semoga bermanfaat dan terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar