Kamis, 08 Maret 2018

MOTIVASI


Semua orang pasti pernah merasakan motivasi dalam hidupnya, dan hal itu bisa datang kapan pun yang tidak terduga-duga semisal kita sedang berfikir sesuatu masalah atau kendala untuk memecahkannya di saat itulah terkadang motivasi datang secara tiba-tiba yang dapat membuat mendapatkan sebuah ide yang datang karena termotivasi dengan sesuatu apa pun yang kita lihat atau yang lewat dalam benak fikiran kita. dan tentunya sebagian orang belum faham betul apa itu motivasi disini saya akan mencoba menjelaskan sesungguhnya tentang pengertian motivasi.
Menurut buku yang saya baca yaitu teori belajar dan pembelajaran, motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti mengerakkan. berdasarkan pengertian, makna motivasi menjadi berkembang. jika seseorang melihat sesuatu manfaat dan keuntungan yang akan di peroleh, maka ia akan berusaha keras untuk mencapai tujuan tersebut. jenis mitivasi itu ada dua yang pertama motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsik. motivasi instrinsik adalah motivasi yang berasaldari dalam individu tanpa adanya ransangan dari luar, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah yang bersal dari luar misalnya pemberian pujian, pemberian nilai sampai pada pemberian hadiah dan faktor-faktor eksternal lainnya yang memilki daya dorong motivasional.
Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi yaitu cita-cita, kemampuan pembelajaran, kondisi pembelajar, kondisi lingkungan pembelajar, unsure-unsur dinamis belajar/ pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan pembelajar.
cita-cita merupakan yang mempengaruhi motivasi belajar. hal ini dapat di amati dari banyaknya kenyataan, bahwa motivasi seorang pembelajar menjadi begitu tinggi ketika ia sebelumnya sudah memilki cita-cita. kemampuan belajar juga menjadi faktor penting dalam mempengaruhi motivasi. seperti dapat memahami bersama bahwa setiap manusia mempunyai kemampuan bidang lainya.
Kondisi pembelajar juga menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi. hal ini dapat terlihat dari kondisi fisik maupun kondisi psikis pembelajar. pada kondisi fisik, hubunganya dengan motivasi dapat terlihat dari keadaan fisik seseorang. jika kodisi fisik sedang kelelahan, maka akan cenderung memilki motivasi yang rendah untuk belajar atau melakukan berbagai aktivitas, begitu pun sebaliknya. kondisi lingkungan pembelajar sebagai faktor yang mempengaruhi motivasi, dapat diamati darilingkungan fisik dan lingkungan sosial yang mengitari si pembelajar. misalnya lingkungan fisik yang tidaknyaman untuk belajar akan berdampak pada motivasi belajar. yang terakhir yaitu faktor dinamisasi belajar juga mempengaruhi motivasi. hal ini dapat diamati pada sejauh mana upaya memotivasi tersebut dilakukan, bagaimana juga dengan bahan pelajaran, alat bantu belajar, suasana belajar dn sebaganya.
Dan yang terakhir terdapat upaya-upaya motivasi dalam belajar dalam kenyataanya  motivasi dalambelajar kadang kala naik begitu pesat tetapi juga kadang turun secara dratis. karena itu perlu semacam upaya untuk memotivasi pembelajar. terdapat empat cara yang dapat memotivasi belajar yaitu yang pertama mengoptimalkan penerapan prinsip-prisip  belajar, unsur-unsur dinamis pembelajaran, mengoptimalkan pemanfaatan upaya guru dalam membelajarkan pembelajar juga menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi. dan mengembangkan inpirasi dalam belajar.
Terkait dalam hal tersebut sejumlah prinsip-prinsip belajar yangyang harus di optimalkan sebagai upaya untuk memotivasi dalam belajar. prinsip tersebut adalah perhatian, keaktivan, keterampilan, pengulangan, ransangan. jadi itulah sedikit dari penjelasan tentang motivasi yang dimana motivasi dapat terlihat atau di buktikan dengan berbagai cara yang bisa di lakukan oleh siapapun. sekian artikel saya semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar