Pendekatan
pembelajaran dapat di artikan berupa titik tolak atau sudut pandang terhadap
proses pembelajaran terhadap pandangan tentang suatu pandangan yang bersifat
umum. adapun beberapa pendekatan khusus dalam mendidik anak usia dini yaitu
pendekatan high scope yang di kembangkan oleh david weikart bahwasanya
pendekatan ini sudah di gunakan sejak pada tahun 1962 dan metode ini di gunakan
pada saat studi longitudinal hingga seseorang berusia 40 tahun. Pendekatan ini
menjelaskan bahwa anak mempunyai hubungan sosial dan emosional yang baik dalam
melibatkan anak sebagai pembelajaran bagi anak yang aktif yang dimana memberi kesempatan pada anak untuk
memilih kegiantan bermainya sendiri , pendekatan menurut erikson yaitu
membangun konsep pada diri anak, memotivasi anak untuk berksperimen, eksplorasi
dan motivasi intrinsik, pendekatan mentosori yaitu pengembangan anak secara
individual dan melibatkan pada keterampilan inelektual secara umum seperti
pengembangan konsentrasi keterampilan berbahasa, membaca dan menulis,jadi anak
belajar mata pelajarannya secara khusus, pendekatan BCCT merupan pedekatan yang
di kembangan melalui hasil teoritik dan pengalaman yang merupakan pengan diri
dan mentossori, dan terakhir yaitu pendekatan regggio Emilia approach/ REA
yaitu suatu cara bagaimana menciptakan kondisi pembelajaran yang akan mendorong
dan mefalitasi anak untuk membangun
kekuaan berfikirnya agar dapat membangun seluruh bahasa ekspresif, kominikatif,
dan kognitif pada anak. Dan adapun pengembangan social emosi pada anak usia
dini ini yaitu bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan
interprasional hendaklah orang tua dan pendidik menumbuhkan hal tersebut dengan
mengembangkannya. Berikut ada beberapa cara mengembangkan aspek sosial dan
emosi pada anak usia dini yaitu yang pertama melalui keterampilan seringkali di
ucapkan oleh orang dewasa dalam kehidupan sehari- hari, keterampilan merupakan
upaya untuk metransformasikan sebagai kecakapan pada anak usia dini agar anak
mampu menyelsaikan tugas perkembangan social dan emosi pada anak. Lalu melalui
kegiatan pembiasan yaitu merupan usaha yang di lakukan pada seseorang atau
kelompok untuk membiasakan agar melakukanya dalam kehidupan sehari- hari, Melalui
kegiatan bermain sosial mempunyai makna segai suatu cara mensolisasikan diri.
Adapun juga teknik pengembangkan social emosional anak usia dini yaitu dengan
cara digunakan untu mengimplementasikan suatu meode dengan secara spesifik.
Adapun cara yang dapa digunakan untuk mengembangkan social emosional anak
sebagai berikut yaitu melalui game karena dapat mengajarkan anak ketrampilan
social yang sangat berguna bagi anak. Dan melalui buku karena merupan salah
satu benda yang sangat istimewa jika anak melihat orang tua tau sesorang di
lingkunganya menyukai sebuah buku maka dapat membuat anak menganggap sebagai teman
yang sanga baik karena dapat bermanfaat untuk diri anak sendiri. Jadi sebenarnya
pendekatan dan pengembang pada anak usia dini ada banyak cara yang dapat
digunakan oleh orang tua dan pendidik sehingga dapat memantau semua segala
perkembangan emosional anak hingga anak dapat mulai terbiasa beradaptasi dengan
baik di sekitar masyarakat nantinya. Sekian arikel saya semoga bermanfaat bagi
yang membacanya dan terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar