Sabtu, 18 Maret 2017

PENDEKATAN METODE DAN TEKNIK PENGEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI



Pendekatan pembelajaran dapat di artikan berupa titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran terhadap pandangan tentang suatu pandangan yang bersifat umum. adapun beberapa pendekatan khusus dalam mendidik anak usia dini yaitu pendekatan high scope yang di kembangkan oleh david weikart bahwasanya pendekatan ini sudah di gunakan sejak pada tahun 1962 dan metode ini di gunakan pada saat studi longitudinal hingga seseorang berusia 40 tahun. Pendekatan ini menjelaskan bahwa anak mempunyai hubungan sosial dan emosional yang baik dalam melibatkan anak sebagai pembelajaran bagi anak yang aktif  yang dimana memberi kesempatan pada anak untuk memilih kegiantan bermainya sendiri , pendekatan menurut erikson yaitu membangun konsep pada diri anak, memotivasi anak untuk berksperimen, eksplorasi dan motivasi intrinsik, pendekatan mentosori yaitu pengembangan anak secara individual dan melibatkan pada keterampilan inelektual secara umum seperti pengembangan konsentrasi keterampilan berbahasa, membaca dan menulis,jadi anak belajar mata pelajarannya secara khusus, pendekatan BCCT merupan pedekatan yang di kembangan melalui hasil teoritik dan pengalaman yang merupakan pengan diri dan mentossori, dan terakhir yaitu pendekatan regggio Emilia approach/ REA yaitu suatu cara bagaimana menciptakan kondisi pembelajaran yang akan mendorong dan mefalitasi  anak untuk membangun kekuaan berfikirnya agar dapat membangun seluruh bahasa ekspresif, kominikatif, dan kognitif pada anak. Dan adapun pengembangan social emosi pada anak usia dini ini yaitu bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan interprasional hendaklah orang tua dan pendidik menumbuhkan hal tersebut dengan mengembangkannya. Berikut ada beberapa cara mengembangkan aspek sosial dan emosi pada anak usia dini yaitu yang pertama melalui keterampilan seringkali di ucapkan oleh orang dewasa dalam kehidupan sehari- hari, keterampilan merupakan upaya untuk metransformasikan sebagai kecakapan pada anak usia dini agar anak mampu menyelsaikan tugas perkembangan social dan emosi pada anak. Lalu melalui kegiatan pembiasan yaitu merupan usaha yang di lakukan pada seseorang atau kelompok untuk membiasakan agar melakukanya dalam kehidupan sehari- hari, Melalui kegiatan bermain sosial mempunyai makna segai suatu cara mensolisasikan diri. Adapun juga teknik pengembangkan social emosional anak usia dini yaitu dengan cara digunakan untu mengimplementasikan suatu meode dengan secara spesifik. Adapun cara yang dapa digunakan untuk mengembangkan social emosional anak sebagai berikut yaitu melalui game karena dapat mengajarkan anak ketrampilan social yang sangat berguna bagi anak. Dan melalui buku karena merupan salah satu benda yang sangat istimewa jika anak melihat orang tua tau sesorang di lingkunganya menyukai sebuah buku maka  dapat membuat anak menganggap sebagai teman yang sanga baik karena dapat bermanfaat  untuk diri anak sendiri. Jadi sebenarnya pendekatan dan pengembang pada anak usia dini ada banyak cara yang dapat digunakan oleh orang tua dan pendidik sehingga dapat memantau semua segala perkembangan emosional anak hingga anak dapat mulai terbiasa beradaptasi dengan baik di sekitar masyarakat nantinya. Sekian arikel saya semoga bermanfaat bagi yang membacanya dan terimakasih.            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar