Parenting
adalah upaya pendidikan yang di laksanakan
oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam
keluarga dan lingkungan yang belajar secara mandiri. Pembentukan seorang anak
berawal atau bermula dari sebuah keluarga .
pola asuh orang lain terhadap
anak- anak lainya sangat berpengaruh dan menentukan sifat dan perilaku anak . baik
dan buruk sifat seorang anak tergantung pola asuh orang tua dalam keluarga dan
lingkungan sekitarnya. Satuhal yang penting untuk untuk di pahami adalah orang
tua yang sempurna . menjadi orang tua yang efektif , konsisten , aktif ,dan
antentif merupakan hal yang dapat saja di katakanan dalam setiap orang . responding
adalah menangapi anak secara preventing . monitoring adalah mengawasi interaksi anak dengan
lingkungan sosialnya. mentoring adalahmembantu secara aktif anak untuk memiliki
perilaku secara aktif anak untuk memiliki perilaku – perilaku yang di
kehendaki. Modeling adalah menjadikan diri kita sebagai contoh yang pasif dan
konsisten bagi anak kita . responding ada dua yaitu pertama kita harus yakin
bahwa kita memberikan responding pada anak- anak, kedua kita harus yakin respon
kita tepat tidak berlebihan , tidak prepisional sangat minimal. Respon terhadap
anak dalam cara – cara yang tepat memungkinkan kita untuk berfikir tentang
semua pilihan sebelum kita untuk berfikir tentang semua pilihan sebelum kita
mengambil keputusan, mempertimbangkan peristiwa sebelum yang serupa dan
mengingatkan kembali bagaimana menangani peristiwa tersebut menjadi menjadikan
orang tua yang konsisten , memberikan contoh bagaimana membuat keputusan yang
bermakna dan membangun ikatan kepercayaan yang solid dan fleksibel antara orang
tua dan anak . preventing merupan perilaku yang beresiko atau perilaku – perilaku bermasalah sebelum
perilaku tersebut muncul. Ajari anak – anak dengan cara –cara yang sehat dalam
mengekspresikan emosi. Doronglah anak – anak kita untuk mengespresikan emosinya
dalam cara- cara yang sehat dan positif . beri mereka contoh cara – cara yang
sehat dengan memperlihatkan bagaimana kita sendiri mengespresikan emosi kita
mengalami berbagai macam emosi. Pola asuh terhadap anak ada dua macam yaitu
pola asuh otoriter pada umumnya mengunakan pola komunikasi satu arah . pola
asuh ini menekankkan bahwa segala aturan orang tua harus di taati oleh anaknya.
Dalam kondisi ini anak seolah –olah menjadi robot sehingga mungkin saja anak
akan menjadi individu yang kurang inisiatif. Segi positif dalam pola asuh ini
yaitu anak mejadi penurut dan cenderung akan menjadi disiplin yakni menaati
peraturan yang di tetapkn oleh orang tua. Namun mungkin saja anak hanya
menunnjukkan disiplinnya didepan orang tua , padahal dalam hatinya anak
membangkang sehinga di belakang orang tua anak akan bertindak lain . pola asuh
premisif ini mengunakan satu arah karena meskipun orang tua memilki kekuasaan
penuh dalam keluarga terutama terhadap anak tetapi anak memutuskan apa- apa
yang di ingginkan sendiri baik orang tua setuju maupun tidak . pola asuh ini
bersifat bahwa segala aturan dan ketetapan keluarga berda di tangan anak. Pola
asuh demokratis mengunakan komunikasi dua arah . kedudukan antara orang tua dan
anak dalam berkomunikasi sejajar suatu keputusan di ambil bersama dengan
mempertimbankan kedua belah pihak . orang tua dan anak tidak berbuat semena
–mena pada salah satu pihak atau kedua belah pihak tidak dapat memaksakan
sesuatu tanpa berkomunikasi terlebih dahulu dan keputusan akhir di setujui oleh
keduanya tanpa merasa tertekan. Pola asuh situasional setiap pola asuh tidak
terapkan secara kaku dalam keluarga. Maksutnya orang tua tidak menetapkan salah
satu tipe saja dalam mendidik anak. Orang tua dapat mengunakan satu atau dua
dalam stuasi tertentu. Untuk membentuk anak agar menjadi anak yang berani
menyampaikan pendapat sehingga memiliki ide yang berani dan kreatif. Pola
perkembangan anak mengembangkan fisik perkembangan berlangsung secara teratur
tidak acak . perkembangan bayi biasanya di tandai dengan adanya perubahan dari
aktifitasyang tidak terkendali menjadi suatu aktifitas yang terkendali.
Permasalahan dalam parenting yang rutin terjadi adalah perbedaaan perspsi
antara orang tua dan anak dalam menilai suatu hal. Parenting skil adalah
kemampuan orang tua dalam memberikan perhatian . kemampuan pola asuh orang tua
terhadap anak akan akan mefokuskan pada otonomi lebih di berikan kepada anak
sesuai dengan kebutuhan dan keingginan anak dengan kebutuhan dan keingginan
dengan cara –cara yang sesuai dengan kondisi anak tersebut. Jadi setip orang
tua memiliki cara sendiri- sendiri dalam pola pengasuhan anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar