Lev
vygostky
Vygotsky lahir pada tahun 1896 di kota orsha, yang
terletak dikota minsk di Belarus dan Smolensk di rusia. Ia menjadi mahasiswa di
universitas negeri moskow dimana hanya sedikit anak yahudi dari darah terpencil
yang lolos seleksi. Dan didalam kampusnya ia merasa beruntung karena ada
beberapa lembaga pendidikan yang tidak membeda-bedakan, sehingga akhirnya ia
memulai karier sejarah psikologis di rusia. Talenta kreatif vygotsky tidak
terbatas pada bidang psikologi tetapi juga mencakup tentang filsafat, keritik
seni, penelitian di bidang karya sastra, hukum, dan pengobatan. Vygotky menigal
pada tahun 1934 dalam usia 37 tahunakibat serangan TBC. Vygotsky Mengungkapkan
tentang perkembangan wicara yang berkaitan dengan perkembangan fikiran pada
anak berlangsung mengikuti proses yang ada. Pertama dan yang paling terpenting,
tujuan utama berbicara adalah komunikasi yang didorong oleh kebutuhan dasar
kita untuk melakukan kontak sosial. Fenomena internalisasi adalah proses dimana
tindakan eksternal ditransformasikan mnjadi fungsi-fungsi psikologis internal.
Pentingnya prinsip ini dalam psikilogi perkembangan adalah bahwa anak-anak
cenderung mengunakan bentuk perilaku yang sama, dalam berhubungan dengan
dirinya sendiri, sebagaimanayang orang lain ekspresikan padanya. Tahap-tahap
perkembangan menurut vygotsky cara anak memilah-milah objek, seperti memilih balok
yang berbeda ukuran, warna, dan bentuk. Dan vygotsky berfikir bahwa anak
melalui tiga tahapan dalam perkembangan konsetual yaitu membentuk konsep
tematik dimana hubungan antar objek di nilai penting, pembentukan konsep
berantai, pembentukan konsep abstrak yang menyerupai pembentukan konsep pada
orang dewasa. Perkembangan pikiran dan interalisasi kemampuan berbicara,
menurut vygotsky bahasa adalah kesatuan antara pembicaraan didalam yang
dipikiranya. Pikiran dan bahasa tidak dapat dipisahkan lagi demikianlah,
internalisasi bahasa menyebankan pikiran dapat diekperesikan dalam bicara
internal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar