Jumat, 11 Desember 2015

PROSES PEMBELAJARAN PAUD

Belajar adalah salah satu pendekatan seorang anak tetapi melalui pendidikan bermain. Pembelajaran usia 0-2 tahun anak sudah bisa merasakan gerakan dalam tahap belajar menguasai dan mengondisikan keterampilan sensorikmotorik di mana akan melatih reflek pada bayi dan motorik kasar dan halus.
Contoh macam–macam bermain di usia 0–2 tahun: permainan carakter color, main dengan tubuh, bayi berenang, benda bermacam–macam ukuran, lilin/malam, puzzle, story telling, bermain kata, susun balok, bergerak mengikuti suatu irama/menghitung, sepeda, cilukba, main pasir, permainan corong minyak, cilukba gelas.
Kegiatan pembelajaran untuk usia anak 3-6 tahun adalah masa perkembangan anak yang menarik, di usia dini anak menjadi amat menggemaskan karena mereka sudah bisa berjalan dan berbicara.

Ada 10 tips bagi para orang tua maupun guru dalam melatih kebiasaan anak usia 3-6 tahun :

1.      Melakukan jadwal beraktivitas dan beristirahat yang sehat.
2.      Memperlihatkan kebiasaan makan yang sehat.
3.      Dapat buang air besar atau kecil sendiri di tempatnya.
4.      Mampu melakukan aktivitas fisik yang di butuhkan sesuai usianya.
5.      Ikut beraktivitas dalam keluarga.
6.      Menunda dan mengalihkan keinginan.
7.      Menunjukkan dengan cara yang sehat.
8.      Menghindari bahaya.
9.      Berani menunjukkan keinginannya. 
10.  Mulai memahami diri sendiri dan Tuhan, dan benda-benda di sekitarnya.

Konsep pembelajaran anak usia dini yaitu mengoptimalkan muatan, tingkat tindakan dan fikiran. Adapun beberapa metode pembelajaran PAUD yaitu : bermain, bercerita, pembelajaran terpadu melalui bermain, demonstrasi, pemberian tugas, karya wisata, bercakap–cakap, sentra, dan lingkungan. Metodi ini memberikan kebebasan pada anak yaitu belajar melalui metode bermain yang sudah di tentukan.    
Jadi setiap anak tidak harus belajar saja, ada kalanya belajar sambil bermain agar anak tidak bosan dan mau belajar sesuai dengan usia mereka  dan agar tidak mengganggu perkembangan otak seorang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar