Kamis, 15 Maret 2018

PERKEMBANGAN KETERAMPILAN KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK


Dalam artikel ini saya akan membicarakan salah satu aspek perkembangan yaitu kognitif yang sangat di butuhkan oleh peserta didik saat berada di sekolah, yang saya ambil dari buku yang saya baca dalam buku psikologi perkembangan peserta didik yaitu berupa keterampilan kognitif, kemampuan metakognitif, strategi kognitif, gaya kognitif, dan pemikiran kognitif.
metakoknitif pada akan berkembang saat anak-anak usia sekolah mulai berusaha bagaimana caranya mengetahui tentang pemikiranya sendiri, bagaimana ia belajar, dan mengingat situasi-situasi yang nantinya akan di alami setiap harinya, mulai menyadari proses-proses kognitifnya dan bagaimana siswa menikatkan kognitifnya, tak lupa juga memillih bagaimana cara yang akan mereka gunakan dalam meningkatkannya. pada umumnya komponen metakognitif mendapat inpirasi dalam pemecahan masalah, akan tetapi  jika di lihat lebih jauh tentang metakognisi memilki akar sejarah yang panjang dalam bidang psikologi, terutama lebih mengutamakan pada perkembangan kognitif, memori, dan strategi belajar. dalam aktifitas kognisi disebutkan bahwasanya pengaturan kognisi sudah terangkum dalam usaha-usaha siswa memonitor, mengontrol atau menyusuaikan dalam proses kognitifnya dan tak lupa memperhatikan perubahan kondisi pada siswa. pada perkembangan kemampuan metakognitif untuk mengontrol kemajuan sendiri dan tak lupa mengunakan cara yang berbeda untuk belajar mengingat, dan mengalami perkembangan dapat sesuai dengan umur siswa. metakognif akan berkembang saat berusia 5-7 tahun dan lanjut akan berkembang hingga dewasa nanti. strategi kognitif merupakan kemampuan tertinggi dari domain kognitif, analisis, dan evaluasi. dalam jenis-jenis strategi kognitif telah di gunakan dalambermcam- macam bidang, seperti konseling dan terapi agar dapat membantu siswa dalam memcahkan masalah yang sedang di hadapinya. gaya kognitif merupakan salah satu ide baru dalam kajian psikologi perkembangandan pendidikanya.
dalam pengetahuan tentang gaya kognitif peserta didik di perlukan dalam merancang materi, tujuan dan metode yang di gunakan saat pembelajaran pada siswa. hal ini menunjukkan bahwa gaya kognitif merupakan salah satu cara belajar yang perlu di pertimbangkan oleh setiap guru dalam mengelolah pembelajaran, terutama saat memilih strategi pembelajaran lebih berfokus pada peserta didik, dan setiap strategi pasti memiliki cara tersendiri dalam memgelolahnyan pada peserta didik. Jadi dalam pendidikan merupakan suatu proses yang di mana membutuhkan kesadaran kelas, gender, dan kesadaran kritis. sehingga siswa menjadi lebih mudah saat mengasah keterampilan kognitif saat pembelajaran di sekolah. yang paling di butuhkan disini adalah sifat kritis yang nantinya dapat mempermudah dalam mengembangkanya atau membutuhkan niat yang tinggi dalam mengapai segala perubahan yang akan terjadi pada setiap diri siswa masing-masing. guru disini juga harus selalu mengontrol siswa pada setiap perkembangan yang di alami setiap siswa. sekian artikel saya semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar